Selasa, 06 Maret 2012

Animasi dengan Tipe Object Sprite

           Animasi game  dapat dibuat dengan 3 cara yaitu image, xorting serta make. Sedangkan untuk menggerakan animasinya dengan metode object sprite dan object frame. Yang akan dibahas disini adalah cara menggerakkan animasi dengan metode object sprite. Pada metode ini yang menjadi objeck sprite adalah pemeran utamanya dimana objeck yang lainnya hanyalah sebagai background diam. Prosesnya adalah mebuat gambar sprite dengan latar belakang warna hitam, lalu dibuat juga sprite yang sama tetapi berwarna hitam dan latar belakangnya adalah warna tertinggi, kemudian ditempatkan dengan pertama-tama menyimpan background yang akan ditimpa oelh sprite dan ditempatkan sprite dengan Xor dan Ditimpa dengan warna tertinggi secara Xor.

           Animasi sprite memiliki perbedaan dengan animasi cell dan animasi frame, setiap objeck dalam animasi sprite bergerak tidak dalam waktu bersamaan namun memiliki fps yang berbeda dan bila ingin di edit maka harus dilakukan pada masing-masing objeck sprite tersebut. Contoh animasi nya adalah animasi rotasi planet, burung terbang, dan bola yang memantul. Penggunaanya sering digunakan pada Macromedia Director.



contoh gambar animasi tata surya dengan tipe object sprite




Referensi :
1.   http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=Animasi+dengan+Tipe+Object+Sprite&source=web&cd=1&ved=0CC0QFjAA&url=http%3A%2F%2Fgameprogramming.blog.ittelkom.ac.id%2Fblog%2Ffiles%2F2009%2F09%2F113070063-animation-timer-handler-multithreading-dalam-game.doc&ei=TP5VT6eJBse4rAfnh4X_Bg&usg=AFQjCNETrgihVJtoOI2sWZ9hVEavPgfJpw&sig2=LE3UOdC3J4ZObxsCF7nO7g

2.  http://iyanrisdoo.wordpress.com/2011/02/

3.  http://blog.fastncheap.com/membuat-animasi-tata-surya-dengan-adobe-flash-cs5/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar