Secara teori terdapat beberapa pengertian mengenai E-Businees, diantaranya adalah :
- E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti: perancang produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, computer dan data yang telah terkomputerisasi. (Steven Alter, Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall,2002)
- E-business meliputi semua hal yang harus di lakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi ICT untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. (Sid L.Huff.dkk.2000. Cases in electronic Commerce, McGraw-Hill)
- Pelaku E-Business
- Organisasi, konsumen, perusahaan, supllier, pekerja, rekan bisnis
- Alat/Media/Sumber Daya yang Digunakan
- Kegiatan bisnis
- Proses bisnis utama
- Pembelian, penjualan, pelayanan, transaksi
- Operasi bisnis utama
- Kegiatan Sasaran
- Kegiatan bisnis
- Proses bisnis utama
- Pembelian, penjualan, pelayanan, transaksi
- Operasi bisnis utama
- Tujuan
- Koordinasi, Komunikasi, dan Pengelolaan organisasi
- Transformasi proses bisnis
- Sharing informasi
- Keuntungan
- Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
- Memberikan nilai bisnis yang berbeda
- Efisien
- Peningkatan produktivitas dan keutungan
- Kelemahan :
- Pencurian informasi rahasia yang berharga.Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
- Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan.Kesalahan ini bersifat kesalahan non teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam atau jaringan yang tidak berfungsi.
- Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang di lakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
- Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.Misalkan pembobolan sebuah sistem perbankan oleh hacker,kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
- Kerugian yang tidak terduga.Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.
E-Commerce
E-Commerce merupakan set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunikasi tertentu melalui elektronik, perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
E-Commerce merupakan set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunikasi tertentu melalui elektronik, perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, "e-commerce is a part of e-business".
Teknologi E-Commerce :
Teknologi E-Commerce :
- Electronic Markets (EMs)
- Electronic Data Interchange (EDI)
- Internet Commerce
EMs adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan.
EDI adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial.
Internet commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Kegiatan komersial ini seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa.
Tipe-tipe E-Commerce :
- Business-to-consumer (B2C) : pihak penjual adalah suatu organisasi, dan pihak pembeli adalah perorangan
- Business-to-business (B2B) : baik pihak penjual dan pembeli kedua-duanya adalah organisasi bisnis
- Consumer-to-consumer (C2C) : pihak perorangan menjualproduk ataupun jasa ke orang lain.
- Business-to-employee (B2E) : suatu organisasi menggunakan e-commerce di dalam internal organisasi tersebut untuk memberikan informasi dan jasa pada para pegawainya
- E-Government : penggunaan teknologi internet dan e-commerce untuk memberikan layanan informasi mengenai layanan publik kepada masyarakat (disebut sebagai [G2C EC]), atau rekan bisnis dan supplier (disebut government-to-business [G2B EC])
- Mobile Commerce (M-commerce) : e-commerce dilaksanakan dengan menggunakan fasilitas wireless. Misal: penggunaan handphone untuk berbelanja melalui internet
Keuntungan E-Commerce :
- Bagi organisasi/penjual
- Membuat pasar nasional ataupun internasional menjadi semakin mudah dicapai
- Menurunkan biaya proses, distribusi, dan pengumpulan informasi
- Bagi konsumen/pembeli
- Akses yang sangat luas (world-wide) terhadap sejumlah besar produk dan jasa sepanjang waktu (24/7/365)
- Home shopping and delivery
Kekurangan E-Commerce :
- Tampilannya sangat sederhana
- Barang yang dijual tidak semuanya ditampilkan
- Tampilan produknya kurang jelas
Perbedaan antara E-Commerce dan E-business adalah tujuan E-commerce adalah moyey oriented (berorientasi pada perolehan uang). Sedangkan E-business berorientasi pada keperluan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya.
Persamaan antara E-Commerce dan E-business adalah tujuan utamanya yaitu memajukan perusahan menjadi lebih besar dari sebelumnya dan juga merupakan terobosan yang mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana mempromosikan produk melalui media internet.
Sumber :
- http://muthiamurdiani.blogspot.com/2009/12/definisi-e-business-dan-e-commerce.html
- http://homy-feel.blogspot.com/2011/10/e-business-e-commerce.html
- https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:VWZQAysHoa4J:noorifada.files.wordpress.com/2010/03/pee_01-konsep-e-business-dan-e-commerce.pdf+&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESgMjA41jRCxwtECmn8YrEwW-RoD4ZU42qYwi4nNcPR40SqlmGm3E5-5tKKKJPUvWKGMyAnXhXvrrLI5rXuMZ825xZAJ71bjK9EXUmkZZ9-O2ZBCx9wpWlSGjr2cZMhiQbYN0V4i&sig=AHIEtbQBD4jUZSNFjtumhs6Ej7TFGYUmtw
- http://aprillins.com/2009/855/perbedaan-antara-e-commerce-dengan-e-business/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar